BAB 10

RENCANA DAN PERENCANAAN USAHA: HUBUNGAN TIMBAL-BALIK ANTARA RENCANA

Definisi Perencana Usaha

Dengan mengetahui perlunya perencanaan yang sehat, lalu timbul pertannyaan apakah rencana itu? Rencana adalah suatu cara bertindak yang ditetapkan lebih bodoh. Proses brfikir kedepa, mengambil suatu keputusan tentang cara bertindak setelah mempertimbangkan banyak kemungkinan alternative yang tersedia, adalah merupakan proses perencanaan, sesuai dengan itu, suatu rencana harus mengenai ketiga factor berikut:

  1. Harus melibatkan masa yang akan datang
  2. Harus ada tindakan
  3. Harus mengenai/memberi penilaian terhadap struktur organisatoris dari tanggungjawab, wewenang, dan keadaan yang dapat di minta tanggungjawab atas terjadinya tindakan dalam suatu perusahaan tertentu.

Kerangka untuk perencanaan usaha

Mungkin cara yang paling baik untuk memahami apa yang mmebentuk perencanaan perusahaan yang baik, adalah dengan memperkenalkan tiga elemen yang terpisah tetapi berhubungan, yaitu:

  1. System dari rencana yang mencakup keseluruhannya, yaitu untuk seluruh kegiatan perusahaan dan untuk semua masa perencanaan dan hubungan antara  satu sama lainnya.
  2. Elemen-Eleman dasar yang harus melekat pada setiap rencana tindakan yang sehat
  3. Proses yang teratur, melalui mana yang akan dirumuskan

System Rencana

Tiga komponen utama dalam suatu strukur perencanaan yang integral, yaitu:

  1. Pada puncak adalah” Rencana Strategis” yang mencoba menggariskan secara umum karakteristik-karakteristiknya dan sasaran-sasaran perusahaan.
  2. Yang berasal dari rencana strategis adalah”rencana Pengembangan” perusahaan yang meliputi pengembangan produk dan pasar baru.
  3. Yang juga berasal dari rencana stratetis adalah”rencana Operasi”, yang terutama berfokus pada generasi produk-produk dan pasar-pasar yang telah ada.

Masa perencanaan- berapakah lamanya” jangka Panjang”

Berapa factor yang menjadi pedoman dalam memilih masa perencanaan yang wajar sbb:

  1. Lead time pengembangan produk
  2. Masa kehidupan produk
  3. Waktu untuk pengembangan  pasar
  4. Waktu untuk pengembangan bahan baku dan komponen-komponennya
  5. Waktu untuk pembangun fasilitas fisik

Perencaan Strategis

Suatu rencana strategis mungkin harus mencakup komponen-komponen ini:

  1. Suatu pernyataan yang jelas dan dapat dimengerti mengenai tujuan pokok-pokok dari perusahaan
  2. Suatu strategi atau cara yang telah di pertimbangkan dengan teliti telah mencaapi tujuan pokok perusahaan.
  3. Suatu pernyataan mengenai sasaran-sasaran khusus yanga akan dicapai dalam strategi dan cara pengukuran kemajuan terhadap setiap sasaran
  4. Suatu pernyataan mengenai asumsi atau kondisi yang dipergunakan atau diperlukan untuk mencaapi sasaran

Beberapah tujuan perencanaan strategis

Untuk mengiktisarkan beberapa sasaran dari perencanaan strategis prosesnya harus mewujudkan hal-hal berikut:

  1. Menaikan sensitivity (kepekaan) dari organisasi terhadap seluruh lingkungan social, ekonomis, politis, teknologis, dan kompetitif
  2. Memungkinkan adanya evaluasi mengenai kesempatan strategis dan memungkinkan adanya penyediaan trade-of sehubungan dengan pengalokasian sumber daya
  3. Menekankan resiko yang ada dalam setiap alternative langkah strategis
  4. Menyebabkan adanya analisa dan tinjauan lebih tajam dan lebih konstruktif mengenai strategi dan rencana dan rencana dasar pada semua tingkatan
  5. Mengkomunikasikan menurut suatu cara yang lebih spesifik kepada semua anggota mengenai arah yang menjadi haluan perusahaan sebagai suatu haluan perusahaan sebagai suatu kesatuan pemersatu

Rencana Pengembangan Perusahaan

Kegiatan pengembangan yang berorientasi pada produk dan pasar ini akan berhubungan terutama dengan hal-hal sbb:

  1. Penciptaan kondisi atau suasana perusahaan yang memelihara dan mendorong terciptanya atau ditemukannya produk dan pasar baru.
  2. Mengunpulkan data yang berhubungan untuk mengidentifikasi bidang-bidang yang mempunyai hasil pengembalian (return) yang secara potensial atau paling tinggi sumber daya perusahanaan.
  3. Menetapkan kebutuhan sumber daya dan penjualan yang diperlukan untuk menjalankan program takalah telah memasuki operasi normal

Elemen-elemen dasar dalam setiap rencana

  1. 1. Suatu pernyataan mengenai tujuan
  2. 2. Identifikasi mengenai tindakan
  3. 3. Penentuan sumber daya yang telah digunakan
  4. 4. Identifikasi dari sasaran
  5. 5. Penetapan jadual waktu yang tetap dan ketaatan padanya
  6. 6. Identifikasi dari kondisi-kondisi yang akan dipenuhi atau asumsi-asumsi yang dibuat

Proses perencanaan

Proses perencanaan harus melipiti fungsi-fungsi pokok sbb:

  1. Perumusan masalah, sasaran dan tugas yang mencakup hal-hal Sbb:
    1. Perumusan Spesipik masalahnya
    2. Identifikasi alas an-alasan yang dilakukannya penelitian
    3. Pertumbuhan isi atau karakteristik-karakteristik yang harus tercakup dalam rencana’
    4. Pertimbangan mengenai cara alternative untuk memperoeleh pemecahan
    5. Seleksia adalah cara yang paling praktis untuk memperoleh jawaban, setelah mempertimbangkan semua factor
    6. Pendaftaran secara terperinci mengenai data yang diperlukan
    7. Spesifikasi tindakan yang diperlukan untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan
    8. Pengumpulan informasi
      1. Identifikasi semua fakta penting yang tersedia
      2. Identifikasi ketidakpastian  atau bidang-bidang yang tidak ada
      3. Penyaringan atau pengembangan alternative-alternatif yang layak untuk di pertimbangkan