Laporan kepada lembaga pemerintah dan bursa saham

Kontrol pemerintah

Profesi akuntansi sudah banyak mencapai kemajuan di dalam mengembangkan pelaporan financial intern, pada saat bidang usaha dibebani lebih banyak lagi peraturan pemerintah, control dan syarat-syarat pelaporan financial. Kadang-kadang peraturannya cukup jelas dan gamblang namun baru-baru ini nampak ada kecenderungan dikeluarkannya peraturan-peraturan yang saling bertentangan oleh bermacam-macam jawatan pemerintah.

Jawatan pemerintah yang bertugas mengatur

Peraturan pemerintah dapat diterapkan degnan pengontrolan secara langsung atas undang-undang, piagam (charter), intruksi presiden (inpres) atau cara-cara lain. Adalah menjadi tanggung jawab kontroler untuk memahami apa sebenarnya persyaratan laporan keuangan yang diminta oleh jawatan-jawatan pemerintah tersebut. Suatu perusahaan harus mengirimkan laporan secara periodik  akan mengetahui bahwa masing-masing laporan yang diminta itu meliputi informasi atau data-data statistik, dan pembuatannya tidak harus dari catatan –catatan akuntansi : bagaimanapun juga prosedur-prosedur harus dibuat untuk menjamin adanya pemeriksaan yang semestinya dan adanya persetujuan sebelum laporan dikirimkan. Selain itu adalah penting untuk menyusun daftar tentang semua laporan yang sudah dikirimkan kepada setiap jawatan pemerintah.

Dinas-dinas pemerintah lain begitu pula banyak komisi Negara bagian, mewajibkan dibuatnya laporan oleh jenis-jenis usaha tertentu yang dianggap sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Perkiraannya meliputi antar lain:

  1. Suatu sistem perkiraan yang seragam, lengkap, terperinci yang mengemukakan data-data yang harus dimasukkan di masing-masing perkiraan dan prinsip-prinsip akuntasi yang harus diterapkan di situ.
  2. Petunjuk-petunjuk yang luas tentang bentuk dan isi laporan, dan catatan-catatan yang harus diselenggarakan, tetapi bagan perkiraan tidak digariskan disitu.
  3. Persyaratan administrasi yang sedikit sekali , yang hampir tak ada artinya pada formulir tentang cara-cara menyelenggarakan infromasi itu, dan menunjuk kepada informasi yang mungkin akan disimpan saja walaupun ada persyaratan pemerintah.

Komisi efek dan bursa AS (SEC = SECURITIES AND EXCHANGE COMMISSION)

Sebagai pejabat akuntansi yang utama di perusahaan industri, para kontroler terlibat langsung dalam urusan mematuhi persyaratan SEC. SEC adalah suatu badan pengatur dari pemerintah federal AS yang independen. Fungsinya terutama administratif menyangkut undang-undang surat berharga tahun 1933 dan undang-undang bursa saham tahun 1934. Tentu saja masih ada tanggung jawabnya yang lain-lain, menyangkut peraturan-peraturan yang lain pula, seperti misalnya undang-undang perjanjian trust tahun 1939 dan undang – undang perusahaan investasi tahun 1940. Undang-undang surat berharga tahun 1933 dapat dianggap sebagai undang-undang pengungkapan, yang menuntut diungkapkannya secara penuh dan wajar semua fakta penting mengenai perusahaan yang menerbitkan surat-surat berharga, sehingga calon investor bisa mengambil keputusan berdasarkan informasi yang benar.

SEC dan praktek akuntansi

Wewenang SEC dilaksanakan dengan menggunakan beberapa sarana:

  1. Peraturan S-X (regulations S-X)
  2. Keputusan formal
  3. Aneka warta akuntansi

Keputusan, kaidah, atau kebijaksanaan SEC boleh dikatakan menyangkut tiga tahapan utama dari kegiatan akuntansi:

  1. Masalah prinsip atau praktek akuntansi
  2. Masalah auditing
  3. Masalah perilaku profesional

Apabila laporan tersebut disusun secara tidak sesuai dengan prinsip-prinsip akuntansi yang sudah lazim atau tidak memenuhi persyaratan yang sudah ditetapkan oleh SEC dalam salah satu segi yang penting maka dibuatlah apa yang disebut “surat pemberitahuan kurang memenuhi syarat” atau “ surat komentar “ yang ditujukan kepada regsitran yang mengirimkan laporan itu.

Corak kekurangan-kekurangan yang dilaporkan oleh SEC

Controller harus selalu waspada terhadap jenis-jenis kekurangan yang banyak terjadi supaya dapat mencegahnya. Mengenai kekurangan-kekurangan pada laporan keuangan, kebanyakan dari item-item kekurangan itu adalah akibat tidak dipenuhinya kaidah-kaidah tertentu, yang sebagian besar terdapat di dalam peraturan S-X.

Peninjauan tentang jenis-jenis item tertentu yang telah menyebabkan dibuatnya surat-surat komentar oleh SEC, menunjukkan bahwa item-item tersebut meliputi segala bidang. Beberapa diantara persoalan-persoalan yang paling banyak muncul adalah judul laporan, uraian atau pengungkapan yang tidak jelas, cadangan-cadangan untuk keperluan yang tidak diduga, cara mengkalkulasi harga persediaan barang-barang, klasifikasi harta, dan catatan kaki yang menyangkut peraturan pensiun dan pemebelian saham dengan penyerahan kemudian.

Bentuk-bentuk laporan kepada SEC

Suatu perseroan terbatas yang terkena undang-undang surat berharga, bertanggung jawab untuk selalu memberikan informasi kepada masyarakat tentang hal-hal penting mengenai perusahaan itu. Syarat-syarat pelaporan dilaksanakan untuk memastikan bahwa para investor mendapat infromasi yang cukup, agar berdasarkan fakta-fakta tersebut dapat digambarakan berapa nilai saham-sahamnya.

Melalui peraturan, SEC sudah menetapkan dalam rangkap berapa suatu laporan harus dikirimkan:

  • Bentuk laporan tahunan 10-K- tiga copy lengkap.
  • Bentuk laporan triwulan 10-Q – Delapan copy
  • Bentuk laporan jangka pendek 8K – tiga copy lengkap.

Bentuk laporan tahunan 10-K dan laporan triwulanan 10-Q adalah yang mendapat perhatian utama dari controller

  • Bentuk laporan tahunan 10K

Bagian I

Item      1. Bisnis

Item      2. Rangkuman operasi

Item      3. Kekayaan

Item      4. Perusahaan induk dan anak perusahaan

Item      5. Perkara-perkara hukum

Item      6. Kenaikan dan penurunan surat-surat berharga dan hutang yang belum diselesaikan

Item      7. Perubahan saham – saham dan perubahan hak atas saham atas nama

Item      8. Obligasi hutang yang gagal memenuhi kewajiban

Item      9. Taksiran jumlah pemegang saham

Item      10. Penyerahan persoalan kepada pemungutan suara pemegang saham

Item      11. Ganti rugi kepada para direktur dan pejabat

Item      12. Laporan keuangan untuk pemegang saham dan laporan formulir 8-K

Bagian II

Item      13. Pemilikan saham oleh mereka yang menjadi pemilik saham dan oleh manajemen

Item      14. Para direktur dan pejabat eksekutif

Item      15. Imbalan untuk para direktur dan pejabat

  • Laporan triwulan bentuk 10Q

Bentuk 10-Q memerlukan laporan keuangan singkat yang berikut ini:

  • Perhitungan rugi laba
  • Neraca
  • Sumber dan penggunaan dana
  • Analisa manajemen tentang perhitungan rugi laba triwulanan
  • Informasi financial lainnya
  • Pemeriksaan oleh akuntan public yang independen

Bursa saham

SEC diberi wewenang yang luas sekali untuk menerapkan kebijaksanaan administratif dan kemudian mengambil kebijaksanaan kerjasama sukarela antara bursa-bursa, termasuk pula menggalakkan tata tertib yang memadai atau kaidah-kaidah mengenai bursa.

Syarat-syarat pemuatan di katalogus

Untuk bisa dicantumkan dalam katalogus, penerbit saham harus membuat dan menanda tangani permohonan yang mengikuti peraturan-peraturan bursa, permohonan mana harus diserahkan kepada bursa dan disetujui oleh bursa. Di bawah undang-undang bursa saham, permohonan pendaftaran harus dikirimkan kepada SEC dan juga kepada bursa, sesuai dengan peraturan-peraturan SEC.

Persyaratan pelaporan pada NEW YORK STOCK EXCHANGE

Jika saham-saham didaftarkan pada new York stock exchange, maka permohonan pendaftarannya mengandung pernyataan setuju untuk mempublikasikan laporan-laporan tahunan dan jangka pendek periodik tertentu.

Bentuk persetujuan pendaftaran yang sekarang ini pada bursa saham new York yang memperlihatkan berbagai syarat pelaporan dan pemenuhan syarat-syaratnya biasanya menjadi tanggung jawab controller dapat dilihat dibawah ini.

Tujuan persetujuan

Sesudah mempelajari bentuk persetujuan pendaftaran yang sekarang seperti di bawah ini maka jelas terbukti bahwa yang hendak dicapai apda umumnya adalah sasaran-sasaran berikut ini:

  1. Mengungkapkan secepatnya kepada masyarakat umum dan kepada bursa, informasi yang akan dapat memperngaruhi nilai saham atau mempengaruhi keputusan investasi dan dalam hal mana para pemegang saham, masyarakat dan bursa mempunyai kepentingan dilindungi undang-undang.
  2. Publikasi yang sering, teratur, dan segera, mengenai laporan keuangan yang disusun sesuai dengan prinsip-prinsip akuntansi yang sudah lazim dan cukup terperinci.
  3. Memberikan kepada bursa, informasi yang segera supaya bursa dapat melaksanakan tugasnya secara efisien dan cepat, berupa penyelnggaraan pasaran yang tertib bagi saham-saham perusahaan, dan supaya dapat mengurus catatan-catatan yang diperlukan.
  4. Menjauhi perbuatan-perbuatan tertentu yang umumnya tidak dapat dianggap wajar.
  5. Memberi kesempatan kepada bursa untuk mengambil langkah-langkah mengenai hal-hal tertentu sebelum terlanjur menjadi fakta yang tidak dapat diubah.

Administrasi persetujuan

Tentu saja bursa menginginkan supaya persetujuan pendaftaran itu dipatuhi benar-benar. Namun ternyata bahwa kadang-kadang timbul situasi di mana sulit sekali atau malahan tidak mungkin, salah satu satu persyaratan bisa dipatuhi secara harfiah. Dalam keadaan demikian bursa cenderung untuk menitikberatkan jiwa persetujuan itu dan bukan kata-katanya, dan akan berupaya bersama-sama dengan perusahaan untuk mengatasu kesulitan tadi, sambil tetap mempertahankan maksud persetujuan tersebut.

LAPORAN YANG DISEDERHANAKAN DAN SEC

Dalam membahas soal laporan kepada pemegang saham, karyawan dan masyarakat umum, perlu adanya laporan keuangan yang disederhanakan yang memberi informasi kepada pemakai dan pembaca laporan. Walaupun laporan konvensional memang berguna, tetapi informasi hendaknya diberikan dalam bahasa yang sifatnya bukan teknis akuntansi, supaya masyarakat dapat lebih memahaminya. Persoalan seperti itu menyangkut pula persyaratan – persyaratan SEC; data-datanya harus mudah dipahami supaya para investor bisa memenuhi persyaratan yang dimaksud.

Sumber : Heckert J.B . “CONTROLLERSHIP Tugas Akuntan Manajemen“. Edisi ketiga, 1996